Jenis Pasar, Latar Belakang
Monopoli, Etika Dalam Pasar Kompetitf
A. Pasar
Persaingan Sempurna
Suatu pasar dimana terdapat banyak penjual
dan pembeli, barang yang didagangkan adalah barang homogen atau barang yang
sama dan penjual tidak memiliki kebebasan dalam menentukan harga. Dalam pasar persaingan
sempurna produsen bisa keluar dan masuk pasar dengan sangat mudah. Dilihat dari
persaingan diuar harga, pasar persaingan sempurna tidak memiiki persaingan di
luar harga.
B. Pasar
Monopoli
Pasar monopoli merupakan suatu pasar yang
hanya memiliki satu penjual saja sehingga pembeli tidak punya pilihan dan
penjual memiliki pengaruh besar dalam perubahan harga. Dalam pasar monopoli hanya terdapat
satu perusahaan atau penjual. Dan barang yang
didagangkan pada pasar monopoli adalah barang yang unik atau langka.
C. Pasar
Oligopoli
Pasar oligopoli yaitu pasar yang hanya
terdapat beberapa produsen di dalamnya yang saling mempengaruhi dan bersaing
dalam kualitas barang. Pasar oligopoli memiliki sedikit perusahaan atau
produsen. Dengan menghasilkan barang
standar atau berbeda corak, dalam pasar oligopoli adakalanya produsen tangguh
dan adakalanya lemah dalam memengaruhi harga serta cukup sulit bagi produsen
untuk keluar masuk pasar.
D.
Monopoli & Dimensi Etika Bisnis
Dari sisi etika bisnis, pasar
monopoli dianggap kurang baik dalam mencapai nilai-nilai moral karena pasar
monopoli tak teregulasi tidak mampu mencapai ketiga nilai keadilan kapitalis,
efisiensi ekonomi dan juga tidak menghargai hak-hak negatif yang dicapai dalam
persaingan sempurna.
E.
Etika Di Dalam Pasar Kompetitif Sempurna
Pasar bebas kompetitif sempurna
mencakup kekuatan-kekuatan yang mendorong pembeli dan penjual menuju apa yang
disebut titik keseimbangan.
Dalam hal ini pasar dikatakan mampu
mencapai tiga moral utama :
1.
Mendorong
pembeli dan penjual mempertukarkan barang dalam cara yang adil.
2.
Memaksimalkan
utilitas pembeli dan penjual dengan mendorong mereka mengalokasikan,
menggunakan, dan mendistribusikan barang-barang dengan efisiensi sempurna.
3.
Mencapai
tujuan-tujuan tersebut dengan suatu cara yang menghargai hak pembeli dan
penjual untuk melakukan pertukaran secara bebas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar