Rabu, 03 Juni 2015

It Has To Be You



IT HAS TO BE YOU

Identitas                                              :
ü  Judul novel                 : It Has To Be You
ü  Nama penerbit           : Araska
ü  Nama pengarang        : Reni Fajarwati
ü  Harga buku                : Rp.35.000
ü  Tahun terbit               : 2013
ü  Tebal buku                 : 218 halaman

Kelebihan dan kekurangan buku      :
v  Kelebihan buku          : Penulis sangat pandai dalam mendeskripsikan keadaan didalam novel. Setiap tokoh memiliki karakter tersendiri yang cukup menarik. Alur yang digunakan sangat mudah dipahami.
           
v  Kelemahan buku        : Ada beberapa kata yang menggunakan bahasa korea, jadi pembaca tidak mengerti apa maksud dari bahasa korea tersebut.


Gaya bahasa                                        : Gaya bahasa yang digunakan adalah bahasa baku, jadi pembaca dapat memahami isi novel tersebut.

Sinopsis                                               :
            “Dong Hae dan Yoo Won sejak kecil bersama-sama tinggal di sebuah panti asuhan bernama Rumah Matahari di Cuncheon. Dong Hae yang selalu menyayangi Yoo Won yang pemurung, penyendiri namun memiliki bakat melukis yang patut dikagumi. Mereka bersama-sama melewati semua waktu suka dan duka, sedih dan senang, termasuk saat Yoo Won hampir terbakar akibat kembang api karena ulah Dong Ri, seorang gadis kecil yang usil dan senang mengganggu Dong Hae.
            Setelah mereka dewasa, Dong Hae pergi ke Seoul untuk bekerja dan tekun mengikuti kursus bermain gitar. Sementara Yoo Won masih tinggal di Rumah Matahari karena harus menyelesaikan sekolah. Kemudian Yoo Won pun ikut pergi ke Seoul untuk menemukan kehidupan lain selain kehidupannya di Rumah Matahari. Yoo Won masih dihantui perasaan sendirian dan ingin sekali menemukan asal-usul keluarganya. Secara tidak sengaja, Yoo Won malah menemukan asal-usul Dong Hae dan Dong Ri ketika Yoo Won bertemu dengan Yesung. Kemudian ada seorang pelukis bernama Lois Daniel yang secara kebetulan ditemui Dong Hae ditempatnya bekerja. Lois Daniel juga akhirnya bertemu Yoo Won yang membuatnya sangat terkejut dan tercengang.

            Saat akhirnya Dong Hae dan Dong Ri menemukan asal-usul dan jati diri mereka, Yoo Won malah merasa putus asa karena dirinya sendiri tidak bisa menemukan jejak orang tuanya atau seseorang yang meninggalkan dirinya di panti asuhan. Ketika itu pula Dong Hae menjauh darinya karena kesibukan baru bertemu keluarga barunya dan melanjutkan studi. Lois Daniel mencoba menemani Yoo Won di saat-saat sulit dan menghiburnya dengan mengenalkan sebuah forum komunitas. Kemudian Lois Daniel juga menceritakan kisah mengejutkan bahwa dirinyalah yang membawa Yoo Won ke Rumah Matahari.

            Untuk menghibur Yoo Won yang bersedih, Dong Hae dibantu Yesung menciptakan sebuah lagu berjudul ‘It Has To be You.’

Konsumen                                          : Buku ini cocok untuk remaja terutama fans Super Junior

Kepengarangan                                  :
            Reni Fajarwati, atau biasa dipanggil Rere, lahir di Bandar Lampung, 14 Februari 1984. Pendidikan terakhir D3 Public Relations AKINDO Yogyakarta. Mulai senang menulis buku harian sejak kelas 6 SD sampai dengan sekarang. Mulai senang menulis cerita berupa cerpen saat kelas 1 SMK. Dan semua ditulis dengan tangan. Sampai dengan saat ini ada sekitar lebih dari 100 judul cerpen dan 2 novel yang masih tulisan tangan karena keterbatasan sarana dan prasarana.

            Novel berjudul “Romantisme Anak Gerakan” adalah novel pertama yang telah selesai dan pernah diikutsertakan dalam Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta 2008, dan hanya sebagai nominator saja. Novel “My Dreamland” adalah karya novel kedua yang bercerita tentang impian yang juga belum pernah dipublikasikan. Saat ni kesibukan penulis kurang lebih dua tahun bekerja disebuah perusahaan Waralaba laundry kiloan sebagai marketing Promo dan bwedomisili di Yogyakarta. Tulisan terakhir adalah Fanfiction berjudul Hope Is A Dream That Doesn’t Sleep. Saat ini juga masih sambil menyelesaikan novel yang bercerita tentang fashion berjudul Cherry Tomato.

Kesimpulan                                        : Novel ini memiliki tema percintaan yang menarik sehingga novel ini sangat menarik untuk dibaca. Akhir yang tidak dapat diduga membuat pembaca ingin membaca novel ini terus menerusterus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar